Lembaga Zakat Dompet Dhuafa Jabar - Sedekah Bantu Warga Terdampak Bencana Alam

Yuk, ikut bantu ringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak bencana alam, dengan menyisihkan sebagian dari rezeki yang kita terima

Sedekah Bantu Warga Terdampak Bencana Alam

Lokasi Donasi Jawa Barat

Sampai dengan Tanpa Batas Waktu



Bantu sebarkan program ini melalui sosial media

Yuk, ikut bantu ringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak bencana alam, dengan menyisihkan sebagian dari rezeki yang kita terima

Deskripsi Program

 “Allah akan senantiasa menolong seorang hamba, selama dia mau menolong saudaranya.” (HR. Muslim: 2699) 

Memasuki tahun 2024 Jawa Barat langsung dikepung bencana alam di berbagai daerah. Dimulai di malam pergantian tahun baru, gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,8 mengguncang kawasan Sumedang yang berdampak cukup berat. Sebanyak 1.325 bangunan di 12 kecamatan mengalami kerusakan, 10 orang mengalami luka-luka dan 1.603 jiwa terpaksa mengungsi.

Hari berikutnya, 1 Januari 2024, banjir bandang menerjang Karawang. Berdasarkan catatan BPBD Jawa Barat, 2.298 jiwa dari 778 kepala keluarga harus mengungsi.

Belum genap sepekan pada Kamis, 4 Januari 2024 hujan deras yang mengguyur menyebabkan tanah longsor yang berdampak pada 138 keluarga yang terdiri atas 468 jiwa di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta.

 

 

Lalu pada Minggu, 7 Januari 2024 bencana longsor terjadi di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang. Bencana tersebut mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan ratusan orang terpaksa dievakuasi.

Di hari yang sama, sebanyak 5 desa di Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) diterjang bencana banjir bandang dan longsor imbas hujan deras. Sebanyak 6 rumah rusak berat dan puluhan hektar sawah terendam. Selain itu sejumlah fasilitas umum seperti akses jalan dan masjid juga terdampak.

 

Kita memang tak bisa menebak kapan datangnya bencana, tapi kita bisa senantiasa bersiap dan waspada jika bencana tersebut datang. Setiap bencana yang terjadi, khususnya di Jawa Barat, Dompet Dhuafa Jabar senantiasa berupaya untuk hadir secepat-cepatnya membantu masyarakat yang terdampak.

Sahabat juga bisa ikut membantu meringankan beban mereka yang terdampak bencana alam, dengan menyisihkan sebagian dari rezeki yang kita terima. Seperti yang dikatakan Rasulullah dalam Hadits di atas, semoga apa yang kita berikan bisa menjadi sebab Allah menolong kita pada saat kesulitan datang menghampiri.

Bantu sebarkan program ini dengan menjadi Fundraiser (penyebar amal baik)

atau Anda bisa membantu menyebarkan kebaikan

Sosial media terkait program